Minggu, 20 Januari 2008

Kekuatan Google (untuk bisnis)

Anda pasti tahu Google, situs web yang terkenal sebagai penyedia layanan pencarian (search engine) di jagad maya selain layanan internet lainnya. Memang layanan pencarian bukan hanya Google tapi juga ada Yahoo!, MSN, Ask, Live Search, Alta Vista, Dogpile, Lycos, dan masih banyak yang lainnya. Namun karena Google menguasai pangsa pasar mesin pencarian (setidaknya untuk Amerika), maka dapat dipastikan Google yang banyak digunakan orang dalam mencari informasi di internet.

Demikian juga di Indonesia, Google masih menjadi mesin pencari favorit. Google masih menjadi pilihan utama dibandingkan situs web direktori bisnis seperti Yellow Pages. Kenyataan ini disadari benar oleh para pelaku bisnis sehingga mereka memanfaatkan fenomena Google ini untuk kepentingan bisnisnya. Bagaimana caranya? Pertama perlu diketahui dahulu cara kerja Google dalam menampilkan hasil pencarian. Google memiliki program yang disebut robot atau web crawler yang bertugas untuk menjelajahi setiap situs web yang mereka temukan, membaca dan menyimpan setiap karakter yang terdapat pada suatu halaman web, menelusuri setiap link yang ditemukan pada suatu halaman web dan seterusnya.

Dengan demikian Google dapat menyimpan informasi semua situs web, semua halaman yang terdapat pada suatu situs web, semua karakter yang terdapat pada setiap halaman web tersebut. Jadi jika pengguna mencari suatu informasi, maka Google hanya perlu mencari dari basis data (database) miliknya dan menampilkannya. Perusahaan yang memiliki situs web dan menampilkan produk-produk yang dijualnya di halaman situs webnya memiliki peluang agar alamat situs webnya muncul pada hasil pencarian Google yang berkaitan dengan produknya.

Bagaimana hal ini berhubungan dengan usaha Retailer dan Komputeron.com? Mudah saja, saat ini situs web Komputeron.com telah terdaftar pada Google sehingga otomatis setiap halaman Retailer juga telah terdaftar. Anda bisa mengecek hal ini dengan memasukkan nama Retailer sebagai kata kunci (keyword) pada pencarian Google. Bisa dipastikan nama Retailer tersebut akan muncul pada hasil pencarian Google dengan Komputeron.com sebagai salah satu hasil pencariannya.

Retailer yang telah mengisi lembar inventorynya memiliki peluang untuk tampil lebih sering pada hasil pencarian Google. Sebagai contoh, Retailer yang mengisi lembar inventory dengan Notebook merk Axioo dengan tipe 858P, akan muncul di hasil pencarian Google apabila ada seseorang yang mencari produk tersebut. Dengan demikian kombinasi Google dan Komputeron.com dapat berfungsi sebagai alat promosi bagi usaha Retailer.

Lalu seberapa efektifkah hal ini mempengaruhi popularitas usaha Retailer? Menurut tim IT Komputeron.com, lebih dari dua puluh persen pengunjung berasal dari hasil pencarian di Google. Pengunjung ini sebelumnya telah mencari di Google produk komputer dengan kata kunci yang spesifik seperti contoh di atas. Jadi untuk mendukung promosi usaha Retailer, tidak cukup hanya terdaftar sebagai Retailer, tapi perlu juga mencantumkan produk yang dijual di lembar inventorynya selengkap-lengkapnya.

Selain itu, saat ini Komputeron.com telah membuka program promosi kepada setiap Retailernya. Tentu saja tidak semua Retailer, namun hanya Retailer yang telah mengisi lembar inventorynya.

Tidak ada komentar: